WELLCOME TO MY BLOG

My Games

Pusat hosting

Add This

Sabtu, 07 April 2012

FADHILAH WANITA

Point-point dari halaman ini terdapat di dalam
kitab Kanzul ‘Ummal, Misykah, Riadlush Shalihin,
Uqudilijjain, Bhahishti Zewar, Al-Hijab, dan lain-
lain, checking satu persatu belum dibuat. Mudah-
mudahan dapat diambil ibrah darinya :
Doa wanita lebih maqbul dari lelaki kerana sifat
penyayang yang lebih kuat dari lelaki. Ketika
ditanya kepada Rasulallah SAW akan hal tersebut,
jawab baginda : “Ibu lebih penyayang dari bapak
dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-
sia.”
Wanita yang solehah itu lebih baik dari 1,000
orang lelaki yang tidak soleh.
Seorang wanita solehah adalah lebih baik dari 70
orang wali.
Seorang wanita solehah adalah lebih baik dari 70
lelaki soleh.
Barangsiapa yang menggembirakan anak
perempuannya, derajatnya seumpama orang
yang senantiasa menangis kerana takutkan Allah
SWT dan orang yang takutkan Allah SWT akan
diharamkan api neraka ke atas tubuhnya.
Barang siapa yang membawa hadiah (barang
makanan dari pasar ke rumah) lalu diberikan
kepada keluarganya, maka pahalanya seperti
bersedakah. Hendaklah mendahulukan anak
perempuan dari anak lelaki. Maka barangsiapa
yang menyenangkan anak perempuannya
seolah-olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail
AS.
Tidaklah seorang wanita yang haidh itu, kecuali
haidhnya merupakan kifarah (tebusan) untuk
dosa-dosanya yang telah lalu, dan apabila pada
hari pertama haidhnya membaca
“Alhamdulillahi’alaa Kulli Halin Wa Astaghfirullah”.
Segala puji bagi Allah dalam segala keadaan dan
aku mohon ampun kepada Allah dari segala
dosa.”, maka Allah menetapkan dia bebas dari
neraka dan dengan mudah melalui shiratul
mustaqim yang aman dari seksa, bahkan
AllahTa’ala mengangkatnya ke atas darjat, seperti
darjatnya 40 orang mati syahid, apabila dia selalu
berzikir kepada Allah selama haidhnya.
Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya akan
tinggal bersama aku (Rasulullah SAW.) di dalam
syurga.
Barang siapa mempunyai tiga anak perempuan
atau tiga saudara perempuan atau dua anak
perempuan atau dua saudara perempuan, lalu dia
bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka
dan mendidik mereka dengan penuh rasa taqwa
serta bertanggung jawab, maka baginya adalah
syurga.
Dari ‘Aisyah r.ha. “Barang siapa yang diuji dengan
sesuatu dari anak-anak perempuannya, lalu dia
berbuat baik kepada mereka, maka merekaakan
menjadi penghalang baginya dari api neraka.”
Syurga itu di bawah telapak kaki ibu.
Apabila memanggil akan engkau kedua ibu
bapamu, maka jawablah panggilan ibumu
dahulu.
Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya
akan tertutup pintu-pintu neraka dan terbuka
pintu-pintu syurga. Masuklah dari mana-mana
pintu yang dia kehendaki dengan tidak dihisab.
Wanita yang taat akan suaminya, semua ikan-
ikan di laut, burung di udara, malaikat di langit,
matahari dan bulan, semuanya beristighfar
baginya selama mana dia taat kepada suaminya
dan meredhainya. (serta menjaga sembahyang
dan puasanya)
‘Aisyah r.ha. berkata “Aku bertanya kepada
Rasulullah SAW. siapakah yang lebih besar
haknya terhadap wanita ?” Jawab baginda,
“Suaminya”. “Siapa pula berhak terhadap lelaki ?”
Jawab Rasulullah SAW. “Ibunya”.
Seorang wanita yang apabila mengerjakan solat
lima waktu, berpuasa wajib sebulan (Ramadhan),
memelihara kehormatannya serta taat kepada
suaminya, maka pasti akan masuk syurga dari
pintu mana saja yang dia kehendaki.
Tiap perempuan yang menolong suaminya
dalam urusan agama, maka Allah SWT
memasukkan dia ke dalam syurga lebih dahulu
dari suaminya (10,000 tahun).
Apabila seseorang perempuan mengandung
janin dalam rahimnya, maka beristighfarlah para
malaikat untuknya. Allah SWT mencatatkan
baginya setiap hari dengan 1,000 kebaikan dan
menghapuskan darinya 1,000 kejahatan.
Dua rakaat solat dari wanita yang hamil adalah
lebih baik dari 80 rakaat solat wanita yang tidak
hamil.
Wanita yang hamil akan dapat pahala berpuasa
pada siang hari.
Wanita yang hamil akan dapat pahala beribadat
pada malam hari.
Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak
bersalin, maka Allah SWT mencatatkan baginya
pahala orang yang berjihad pada jalan Allah SWT
Wanita yang bersalin akan mendapat pahala 70
tahun solat dan puasa dan setiap kesakitan pada
satu uratnya Allah mengurniakan satu pahala haji.
Apabila seseorang perempuan melahirkan anak,
keluarlah dia dari dosa-dosa seperti keadaan
ibunya melahirkannya.
Sekiranya wanita mati dalam masa 40 hari
selepas bersalin, dia akan dikira sebagai mati
syahid.
Wanita yang memberi minum susu kepada
anaknya dari badannya (susu badan) akan dapat
satu pahala dari tiap-tiap titik susu
yangdiberikannya. 27. Jika wanita menyusui
anaknya sampai cukup tempoh (2 1/2 tahun),
makamalaikat-malaikat di langit akan khabarkan
berita bahawa syurga wajib baginya.
Jika wanita memberi susu badannya kepada
anaknya yang menangis, Allah akan memberi
pahala satu tahun solat dan puasa.
Wanita yang habiskan malamnya dengan tidur
yang tidak selesa kerana menjaga anaknya yang
sakit akan mendapat pahala seperti
membebaskan 20 orang hamba.
Wanita yang tidak cukup tidur pada malam hari
kerana menjaga anak yang sakit akan
diampunkan oleh Allah akan seluruh dosanya dan
bila diahiburkan hati anaknya Allah memberi 12
tahun pahala ibadat.
Apabila seorang wanita mencucikan pakaian
suaminya, maka Allah mencatatkan baginya
seribu kebaikan, dan mengampuni dua ribu
kesalahannya,bahkan segala sesuatu yang disinari
sang suria akan meminta keampunan baginya,
dan Allah mengangkatkannya seribu derajat
untuknya.
Seorang wanita yang solehah lebih baik dari
seribu orang lelaki yang tidak soleh, dan seorang
wanita yang melayani suaminya selama
seminggu, maka ditutupkan baginya tujuh pintu
neraka dan dibukakan baginyalapan pintu syurga,
yang dia dapat masuk dari pintu mana saja tanpa
dihisab.
Wanita yang menunggu suaminya hingga
pulang, lalu ia bersihkan mukanya, lalu dia
menyediakan makan minumnya, memandang
pada suaminya dengan mesra, memegang
tangannya, lalu menghiasi hidangan
makanannya, memelihara anaknya,
memanfaatkan hartanya untuk suaminya mencari
keridhaan Allah, maka disunatkan baginya akan
tiap-tiap kalimah ucapannya, tiap-tiap langkahnya
dan setiap pandangannya pada suaminya
sebagaimana memerdekakan seorang hamba.
Pada hari Qiamat kelak, Allah kurniakan Nur
hingga tercengang wanita mukmin semuanya
atas karunia rahmat itu. Tiada seorang pun yang
sampai ke mertabat itu melainkan Nabi-nabi.
Tidakkan putus ganjaran dari Allah kepada
seorang isteri yang siang dan malamnya
menggembirakan suaminya.
Wanita yang melihat suaminya dengan kasih
sayang dan suaminya melihat isterinya dengan
kasih sayang akan di pandang Allah dengan
penuh rahmat.
Jika wanita melayan suami tanpa khianat akan
mendapat pahala 12 tahun solat.
Wanita yang melayan dengan baik suami yang
pulang ke rumah di dalam keadaan letih akan
medapat pahala jihad.
Jika wanita memijat suami tanpa disuruh akan
mendapat pahala 7 tola emas dan jika wanita
memijat suami bila disuruh akan mendapat
pahala tola perak.
Dari Hadrat Muaz ra.: Mana-mana wanita yang
berdiri atas dua kakinya membakar roti untuk
suaminya hingga muka dan tangannya
kepanasan oleh api,maka diharamkan muka dan
tangannya dari bakaran api neraka.
Thabit Al Banani berkata : Seorang wanita dari
Bani Israel yang buta sebelah matanya sangat
baik khidmatnya kepada suaminya. Apabila ia
menghidangkan makanan dihadapan suaminya,
dipegangnya pelita sehingga suaminya selesai
makan. Pada suatu malam pelitanya kehabisan
sumbu, maka diambilnya rambutnya dijadikan
sumbu pelita. Pada keesokkannya matanyayang
buta telah celik. Allah kurniakan keramat
(kemuliaan pada perempuan itu kerana
memuliakan dan menghormati suaminya).
Pada suatu ketika di Madinah, Rasulullah SAW.
keluar mengiringi jenazah. Baginda dapati
beberapa orang wanita dalam majlis itu. Baginda
lalu bertanya, “Adakah kamu
menyembahyangkan mayat ?” Jawab
mereka,”Tidak”. Sabda Baginda “Sebaiknya kamu
sekalian tidak perlu ziarah dan tidak ada pahala
bagi kamu. Tetapi tinggallah di rumah dan
berkhidmatlah kepada suami niscaya pahalanya
sama dengan ibadat-ibadat orang lelaki.
Wanita yang memerah susu binatang dengan
“Bismillah” akan didoakanoleh binatang itu dengan
doa keberkatan.
Wanita yang menguli tepung gandum dengan
“Bismillah” , Allah akan berkahkan rezekinya.
Wanita yang menyapu lantai dengan berzikir akan
mendapat pahala seperti meyapu lantai di
Baitullah.
“Wahai Fatimah, untuk setiap wanita yang
mengeluarkan peluh ketika membuat roti, Allah
akan mejadikan 7 parit diantara dirinya dengan
api neraka, jarak diantara parit itu ialah sejauh
langit dan bumi.”
“Wahai Fatimah, bagi setiap wanita yang
memintal benang, Allah akan mencatatkan
untuknya perbuatan baik sebanyak utus benang
yang dibuat dan memadamkan seratus
perbuatan jahat.”
“Wahai Fatimah, untuk setiap wanita yang
menganyam akan benang dibuatnya, Allah telah
menentukan satu tempat khas untuknya di atas
tahta di hari akhirat.”
“Wahai Fatimah, bagi setiap wanita yang
memintal benang dan kemudian dibuat pakaian
untuk anak-anaknya maka Allah akan
mencatatkan baginya ganjaran sama seperti
orang yang memberi makan kepada 1000 orang
lapar dan memberi pakaian kepada 1000 orang
yang tidak berpakaian.”
“Wahai Fatimah, bagi setiap wanita yang
meminyakkan rambut anaknya, menyikatnya,
mencuci pakaian mereka dan memandikan
anaknya itu, Allah akan mencatatkan untuknya
pekerjaan baik sebanyak helai rambut mereka dan
memadamkan sebanyak itu pula pekerjaan jahat
dan menjadikan dirinya kelihatan berseri di mata
orang-orang yang memerhatikannya.”
Sabda Nabi SAW: “Ya Fatimah barang mana
wanita meminyakkan rambut dan janggut
suaminya, memotong kumis (misai) dan
mengerat kukunya, Allah akan memberi minum
akan dia dari sungai-sungai serta diringankan
Allah baginya sakaratul maut dan akan
didapatinya kuburnya menjadi sebuah taman dari
taman- taman syurga dan dicatatkan Allah
baginya kelepasan dari api neraka dan selamatlah
ia melintas Titian Shirat. ‘
Jika suami mengajarkan isterinya satu masalah
akan mendapat pahala 80 tahun ibadat.
Wanita yang menyebabkan suaminya keluar dan
berjuang ke jalan Allah dan kemudian menjaga
adab rumahtangganya akan masuk syurga 500
tahun lebih awal dari suaminya, akan menjadi
ketua 70,000 malaikat dan bidadari dan wanita itu
akan dimandikan di dalam syurga, dan
menunggu suaminya dengan menunggang kuda
yang dibuat dari yakut.
Semua orang akan dipanggil untuk melihat wajah
Allah di akhirat,tetapi Allah akan datang sendiri
kepada wanita yang memberati auratnya iaitu
memakai purdah di dunia ini dengan istiqamah.
Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik
perhiasan ialah wanita (isteri) yang solehah.
Salah satu tanda keberkatan wanita itu ialah cepat
perkahwinannya,cepat pula kehamilannya dan
ringan pula maharnya (mas kahwin).
Sebaik-baik wanita ialah wanita (isteri) yang
apabila engkau memandang kepadanya ia
menggirangkan engkau, jika engkau memerintah
ditaatinya perintah engkau (taat) dan jika engkau
berpergian dijaga harta engkau dan dirinya.
Dunia yang paling aku sukai ialah wanita solehah.
Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Allah telah
memberikan sifat iri (pencemburu) untuk wanita
dan jihad untuk lelaki. Jika seorang wanita melatih
kesabarannya dengan iman dengan
mengharapkan pahala dari sesuatu perkara yang
menyebabkannya menjadi cemburu (iri hati),
seperti misalnya suaminya menikahi istri kedua,
maka ia akan menerima ganjaran seorang
syahid”.
doa seorang isteri yang taat memiliki kekuatan 70
wali
isteri yang membuatkan minum suami tanpa
diminta, pahalanya 3 x khatam Al Qur’an.
Masakan isteri yang dilakukan secara sunah dan
dimakan suami beserta keluarga pahalanya
semua untuk isteri dan do’a suami yang
memakan masakannya menjadi do’a yang
diijabah.
isteri yang membangunkan suami untuk shalat
atau menyuruh shalat berjamaah di masjid
pahalanya 27+1
Isteri yang kelelahan bangun malam karena
anaknya minta susu sama dengan pahala 70 x
haji mabrur
Seorang ibu yang menyusui setiap tetes susunya
senilai 200 8 shalat khusu wal khudu dan doanya
di ijabah’ (fadilah wanita)
burung di udara dan malaikat dilangit akan selalu
memintakan ampunan kepada Allah selama. Isteri
dalam keridhaan suami”,
“bila seorang suami pulang dengan gelisah dan
isteri menghiburnya maka isteri mendapatkan 10
pahala jihad”,
“bila seorang wanita hamil shalatnya dua rekaat
adalah lebih baik dari 80 rakaat shalat wanita yang
tidak hamil”,
“bila seorang wanita hamil akan mendapatkan
pahala 70 tahun shalat nafil dan 70 tahun puasa”
“wanita yang mencuci pakaian suami dan anak-
anaknya akan mendapat 1000 kebaikan dan akan
diampuni kesalahannya, bahkan segala sesuatu
yang disinari matahari memintakan ampun
baginya dan Allah SWT mengangkat derajatnya
1000 tingkat”.
“Wanita yang menyusui anaknya, maka setiap
tetesan air susu tersebut akan mendapatkan 1
pahala dan apabila cukup 2 tahun menyusui maka
malaikat dilangit akan mengabarkan berita bahwa
SURGA WAJIB BAgINYA”.
Apabila sorang wanita kdatangan haid maka
haidnya akan menghapus dosa2nya
apabila ia membaca pd hr pertama “Alhamdulilahi
ala kullu halin wa astagfirullaha min kulli zambi”
mk ALLAH akn membebaskannya dr jahanam,
shirat & adzab.
Setiap hr haidnya ALLAH tinggikan dia dng phla
40 org mati syahid apabila ia berdzikir.

Konsep Jihad dalam Khittah Perjuangan (Study Konsep Praksis atas Ideologi HMI-MPO)

pbhmiNET, OPINI- Konsep praksis ideologi Islam ala HMI-MPO merupakan penjabaran rumusan konsep teoritik ke dalam pedoman umum gerakan ideologi HMI-MPO untuk mencapai tujuan ideologisnya. Rumusan konsep praktss ideologi HMI-MPO dalam khittah perjuangan tertuang dalam muatan etos perjuangan dalam bab tafsir asas, serta bab tafsir usaha dan bab tafsir independensi HMI-MPO. Konsep praktis ideologi HMI-MPO, terdiri atas jihad dan hijrah, yang diwujudkan dalam sikap aktif menyerukan amar ma’ruf dan nahy munkar serta independensi. Rumusan konsep praktis ideologi Islam dalam khittah perjuangan HMI MPO adalah:

Jihad (Etos Perjuangan)
Dalam Alquran surat al-Ra’ad (13) ayat 11, Allah swt berfirman:
Artinya: Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia (QS; 13: 11)..

Berdasarkan ayat tersebut, khittah perjuangan berpandangan bahwa:

”Perubahan tatanan masyarakat yang berdasarkan nilai-nilai Islam bukanlah suatu janji Allah swt yang dberikan begitu saja kepada manusia tanpa ada proses pembentukan. Maka proses pembentukan suatu tatanan masyarakat ke arah yang lebih baik, memestikan keterlibatan manusia. Keterlibatan manusia dalam proses pembentukan tatanan masyarakat didasarkan pada peran penciptaan manusia di muka bumi sebagai khalifah di muka bumi, sehingga manusia memiliki kewenangan untuk mengelola dan mengatur tatanan masyarakat.”

Peran khalifah harus dijalankan oleh manusia dengan berusaha dan berjuang sepenuhnya untuk pembentukan tatanan masyarakat yang diridhai Allah swt, dan tentunya tatanan itu berjalan dengan dasar nilai-nilai Islam yang berlaku di dalamnya. Keharusan untuk menegakkan cita-cita Islam dikenal dengan jihad fisabilillah. Jihad fi sablilillah yang berarti berjuang bersungguh-sungguh di jalan Allah. Karena itu, kader HMI-MPO juga harus memaknai jihad sebagai etos perjuangannya dalam segenap aiktifitas dan laku hidupnya. Keunggulan beriman dan berislam tergambar dari rasa tanggung jawab dan aktualisasi atau kerja. Tidak ada satu pun perubahan yang menyempurna kecuali dengan kesungguhan (jihad), dengan segala macam dimensinya.

Salah satu kualifikasi insan ulil albab yang dirumuskan khittah perjuangan adalah menjadi seorang mujahid yang memiliki semangat juang tinggi dan memiliki pemahaman dan kemampuan untuk berjihad di jalan agama. Jihad merupakan implementasi riil dari Tauhid, ketundukan dan penyerahan diri kepada Allah sebagai modus existence dan tujuan tunggal. Untuk mewujudkan kekuatan masyarakat yang tangguh dan merealisasikan upata pemanusiaan yang hakiki. Jihad yang berarti kesungguhan mengerahkan segenap potensi manusiawi seseorang untuk mewujudkan nilai-nilai kebenaran universal. Dalam tafsir asas, khittah perjuangan membahasakan jihad dengan istilah etos perjuangan dan tema tersebut menjadi bagian penting dari muatan khittah perjuangan.

Semangat (etos) perjuangan menjadi sangat penting untuk dimiliki seorang insan yang diciptakan sebagai khalifah di muka bumi. Etos perjuangan menjadi bekal dalam berusaha dan berjuang untuk perbaikan masyarakat di setiap waktu dan di setiap tempat. Manusia yang memiliki etos perjuangan yang cukup kuat akan selalu sadar untuk melihat realitas di sekitarnya. Dan melakukan perubahan serta perbaikan lingkungannya setiasp saat. Bertolak dari asumsi bahwa tidak ada realitas yang diam, demikian pula masyarakat akan selalu berubah, oleh karenanya dalam khittah perjuangan, perjuangan harus dilakukan tanpa henti.

Secara tersirat, khittah perjuangan menyatakan bahwa dunia adalah medan perjuangan bagi manusia. Untuk itu manusia harus selalu siap untuk rela berkorban dengn harta atau bahkan dengan nyawanya sendiri. Segenap perjuangan dan pengorbanan manusia baik kuantitas maupun kualitas yang dikeluarkan di dunia ini teramat kecil bila dibandingkan rahmat yang dijanjikan oleh Allah di akherat kelak.

Dalam khittah perjuangan dikatakan:

”pada intinya, perjuangan dalam hidup seorang muslim merupakan suatu proses peningkatan kualitas akan iman yang membentuk jati diri muslim seutuhnya. Sebagai suatu ukuran keimanan yang paling terpenting dalam etos perjuangan adalah bagaimana seorng muslim dapat mempertahankan imannya dengan senantiasa tetap berjuang setiap saat (istiqamah).”

Khittah perjuangan menitikberatkan aksentuasi jihad pada semangat dan maksimalisasi proses yang dilakukan dan bukan pada hasil yang dicapai. Dalam khittah perjuangan dikatakan, keberhasilan suatu perjuangan bukanlah merupakan ukuran bagi titik kemuliaan keimanan seorang muslim. Demikian pula, kegagalan bukan pertanda kehinaan dari seorang muslim. Tapi sikap istiqamahlah yang menjadi penentu apakah iman seorang muslim itu, iman dalam artian sebenar-benarnya iman atau bukan iman yang hanya sebatas pengakuan tanpa implementasi.

Setiap perjuangan (jihad) yang dilakukan harus dilakukan atas pilihan sadar dengan dasar pemahaman dan keimanan, bukan sebuah tuntutan yang lahir dari luar dirinya. Mengenai hal tersebut, khittah perjuangan menyebutkan:

”Sebuah perjuangan dikatakan atas pilihan sadar harus memenuhi dua syarat, yaitu ”berkehendak” dan ”terlibat”. Ini artinya seseorang tidak dapat mengaku berjuang atas dasar pilihan sadarnya sendiri, jika dalam memulai perjuangannya dilakukan atas dasar perintah atau paksaan orang lain (bukan kehendak diri). Seseorang juga tidak dapat mengaku berjuang atas dasar pilihan sadarnya jika selama perjuangan tersebut, ia tidak langsung terlibat dalam segenap aktifitas perjuangan itu.”

Selain kesadaran akan pilihan, menurut khittah perjuangan seorang muslim dikatakan berjuang jika ia juga sadar akan resiko dan prestasi yang akan ia peroleh. Sehingga tidak ada perjuangan yang berjalan secara buta tanpa melihat apa yang akan ditemui di medan juang. Perjuangan yang dilakukan harus didasarkan atas perhitungan-perhitungan akan apa yang dihadapi dalam rentang waktu perjuangannya. Perhitungan yang tepat akan membuat perjuangan yang dilakukan dapat tepat sasaran. Selain itu secara psikologis, dengan perhitungan yang tepat seorang mujahid tak akan pernah bersedih ketika menemui kegagalan dalam perjuangannya.

Pada praksisnya, jihad terdiri atas jihad internal dengan jihad eksternal. Jihad internal atau jihad nafs merupakan perjuangan perjuangan manusia untuk menundukkan hawa nafsu yang melingkupi dirinya, yang sering membuat manusia tergelincir ke arah keterlenaan pada hal-hal yang merusak. Jihad nafs merupakan bentuk jihad yang dikatakan sebagai jihad akbar. Jihad eksternal ada jihad yang dilakukan untuk melawan musuh-musuh eksternal yang menghalang-halangi terwujudnya tatanan masyarakat yang berkeadilan. Keberhasilan dalam pelaksanaan jihad eksternal sangat ditentukan oleh keberhasilan dalam perjuangan internal mengalahkan hawa nafsu yang menguasai diri.

Karena itu, bagi HMI-MPO, jihad tidak hanya dipahami dalam bentuk kerangka perang fisik, tetapi secara transformatif bisa diwujudkan dalam bentuk yang lain yang lebih variatif ke seluruh askpek kehidupan manusia. Dari perlawanan fisik dan persenjataan kepada perang terhadap hawa nafsu, perlawanan terhadap kebodohan melalui pendidikan dan pengajaran, perlawanan terhadap penguasa yang zalim, jihad melawan ekspansi ideologi dan gerakan pemikiran melalui perjuangan intelektual. Dengan kata lain, jihad lebih dititik beratkan pada upaya penyadaran menyeluruh terhadap umat Islam, tentang berbagai hal yang meliputi masalah keyakinan, Tauhid, ilmu pengetahuan, kemanusiaan, dan kesemestaan.
by : Sabaru Putera Borneo

Masa Depan Tuhan

Oleh: Komaruddin Hidayat
Judul di atas adalah judul buku karangan Karen Armstrong, Masa Depan Tuhan (2011) dalam edisi bahasa Indonesia. Aslinya The Case for God: What Religion Really Means. Armstrong adalah penulis keagamaan yang serius, tradisi risetnya kuat, sehingga pantas jika lebih dari 15 bukunya masuk ranking terlaris di dunia. Tuhan dalam kajian Armstrong adalah Tuhan yang menyejarah, yang hidup di tengah dan bersama pemeluknya,Tuhan yang kemudian melahirkan komunitas orang beriman dan sekian banyak tradisi dan institusi agama. 
Jadi, Tuhan sebagai Yang Mahatinggi dan Absolut tentu tidak dibatasi waktu, tak mengenal kemarin, sekarang, dan masa depan. Bahkan juga tidak terpahami oleh akal pikiran. Kita terlalu banyak berbicara tentang Tuhan akhir-akhir ini dan apa yang kita katakan sering dangkal, kata Armstrong (hlm 9). 
Di samping menyajikan dinamika jejak-jejak Tuhan dan pengaruhnya dalam sejarah manusia, buku ini secara tidak langsung menjawab paham ateisme modern yang berciri sangat rasional dan ilmiah (scientific atheism) yang telah memukau masyarakat modern dan anak-anak muda di Barat. 
Selama abad ke-16 dan ke-17, di Barat lahir peradaban baru yang diatur dengan rasionalitas ilmiah dan ekonomi yang berbasis pada teknologi serta penanaman modal. Sejak itu satusatunya ukuran kebenaran adalah metode ilmiah. Logos mengalahkan mitos. Padahal di dalam mitos keagamaan terkandung kebenaran dan kebajikan yang tidak dapat dijangkau oleh logos.
Tafsiran yang serbarasional atas agama menimbulkan dua fenomena baru yang sangat khas: fundamentalisme dan ateisme (hlm 19). Selama ini tokoh yang mengembangkan paham ateisme selalu merujuk pada Feurbach, Karl Marx, Nietzsche, atau Freud yang muncul di abad ke- 19.Tetapi sekarang bermunculan paham ateisme baru yang dimotori terutama oleh Richard Dawkin, Christopher Hitchens, dan Sam Haris. 
Dalam karyakarya mereka akan ditemukan argumentasi ilmiah kontemporer untuk menyerang umat beragama yang masih mempercayai Tuhan dan campur tangan- Nya dalam sejarah. Terhadap serangan dimaksud, buku Armstrong ini turut berdiri sebagai pembelaan terhadap eksistensi agama-agama. 
Logika dan pendekatan ilmiah, terlebih yang mengandalkan paham empirisisme-positivisme, tidak akan pernah mampu memotret dan menganalisis misteri kehidupan,keberagamaan dan kebertuhanan. Berbagai karya Armstrong secara serius berhasil menyajikan betapa agama dan keyakinan pada Tuhan selalu hadir pada panggung sejarah dan turut memengaruhi manusia memaknai hidupnya. 
Agama, keyakinan dan pemahaman terhadap Tuhan, senantiasa berinteraksi dengan perkembangan sejarah sebuah masyarakat dengan segala aspeknya. Karena itu, katanya, memahami kitab suci hanya sebatas kata-kata literernya akan menyesatkan dan mengalami reduksi, tidak sampai pada pesan inti agama.
Di sisi lain,arogansi ilmiah dalam memahami agama telah mendorong munculnya respons balik berupa fundamentalisme agama. Perubahan mind-set pemahaman agama dan kehidupan di Eropa sangat dipengaruhi oleh ekspedisi Christopher Columbus pada 1492 yang berhasil menemukan benua baru Amerika, yang disponsori Raja Katolik Ferdinand dan Isabella.
Berita keberhasilan ini menyebar bagaikan wabah baru, bahwa di luar Eropa ternyata ada dunia lain yang sangat menarik untuk dieksplorasi. Jadi, ekspedisi, eksplorasi,perpindahan penduduk dan penyebaran informasi baru selalu melahirkan sintesa budaya baru, yang diawali dengan masalah dan tantangan baru. 
Hari ini, apa yang terjadi pada abad ke-15 di Eropa telah merata di seluruh dunia melalui jejaring internet dan dunia maya. Masyarakat terkondisikan untuk berani melampaui batasbatas dunia yang diketahui. Perjumpaan dan benturan berbagai tradisi dan informasi budaya serta agama ini telah membuat sebagian besar umat beragama gamang dan kaget (shocked). 
Bahwa klaim kebenaran, keilahian, dan surga ternyata juga dimiliki oleh kelompok umat agama lain. Sementara itu, ada juga kelompok yang secara gigih menentang adanya Tuhan dan ingin menghapus agama. Perasaan tidak nyaman dan terancam dalam beragama inilah akar munculnya gerakan fundamentalisme. 
Mengutip Armstrong, fundamentalisme adalah iman yang sangat reduktif. Dalam kecemasan dan ketakutan mereka, kaum fundamentalis sering mendistorsi tradisi yang mereka coba bela, misalnya dengan sangat selektif baca ayat-ayat kitab suci yang membenarkan kekerasan dan permusuhan terhadap umat yang berbeda keyakinan (hlm 470). 
Kaum fundamentalis yakin bahwa mereka berjuang atas nama Tuhan, tetapi sebenarnya religiositas jenis ini mewakili kemunduran dari Tuhan (hlm 471). Demikianlah, dunia terus berputar. Sejarah terus bergulir merekam sepak terjang pemikiran dan perilaku manusia. Agama pun sering kali jadi sasaran kritik dan caci maki.
Tetapi nyatanya agama tetap hidup dan berkembang.Tuhan selalu berada di hati manusia. Ini membenarkan pandangan yang mengatakan bahwa ”agama memiliki seribu nyawa”. Kalaupun mati satu, masih lebih banyak yang bertahan hidup. 
Orang boleh saja mengkritik perilaku umat beragama dan berbagai institusi keagamaan yang dibangunnya, tapi kesadaran, kebutuhan dan keyakinan agama masih tetap menggelora. Dengan agama seseorang mencari makna dan tujuan hidup yang lebih hakiki dan mulia. []
 
Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Rektor UIN Syarif Hidayatullah 
Judul buku: “Masa Depan Tuhan: Sanggahan terhadap Fundamentalisme dan Ateisme”
Penulis: Karen Armstrong
Penerbit: Mizan, Juni 2011 , 608 halaman, ISBN: 9789794335895

Jumat, 06 April 2012

Kenapa Mahasiswa Harus #aksi

Jumat, 30Maret 2012. Bersamaan dgn Aksi penolakan harga BBM di DPR dan berbagai titik di Jakarta.
Untukmu Mahasiswa dan yang mengaku Mahasiswa
  1. untuk sahabat-sahabat yang memiliki nomor telp aleg di DPR terutama dr fraksi yg berada di simulais 3 menolak kenaikan BBM,segera sms mereka
  2. pastikan aleg kita datang di paripurna.saya sudah sms aleg yg saya pilih saat pemilu 2009 lalu.dia komitmen utk datang. kita lakukan yg sama
  3. kita akan lihat bagaimana pergolakan yg terjadi. karena di badan anggaran kabarnya sudah semakin panas dan alot. mereka yg susun APBN-P
  4. kita terus kawal sahabat-sahabat. jika pun , jika pun , ini jika pun.. BBM jadi naik. kita kawal proses subsidi lainnya. BLSM, dll
  5. sahabat, logika mahasiswa adalah logika politik nilai, kajian kita berdasarkan logika rakyat. jika rakyat menderita ktk BBM naik maka TOLAK
  6. jangan mau juga mahasiswa di putar balikan oleh pejabat negara, “Mahasiswa kasih solusi yg nyata” ini membuat mahasiswa di deskritkan
  7. halo pejabat negara,kita udah bayar pajak dan gaji kalian biar kalian bener & serius mikirin kebijakan.masa nanya ke kita kebijakan yg baik
  8. mahasiswa reaktif ? ya gpp. itulah gerakan mahasiswa. kalau yg mau kajian dll. ya kan BPPT, ada LIPI, ada lembaga kajian, ada DPR
  9. mahasiswa ga di bayar aja mau bergerak utk rakyat. itu anggota DPR itu digaji dgn pajak. ayolah berpikir utk rakyat
  10. kalau emang anggota DPR mau mahasiswa yg mikir. ayolah, tuker jabatan aja sekalian. yg bikin kebijakan kan DPR. masa mahasiswa
  11. saya udah bayar pajak setiap tahun, ratusan juga rakyat juga bayar pajak. dan kita MENUNTUT anggota DPR berpikir keras agar BBM tidak NAIK
  12. mahasiswa jgn kecil hati dgn isu-isu mahasiswa yg ga solutif.yg harusnya solutif itu ya anggota DPR beserta tenaga ahli nya. mrk udah digaji
  13. mahasiswa tingkat 2 atau 3 bisa kajian sedalam apa sih? bikin tugas akhir aja blm. mana bisa bikin kajian yg mendalam. profesor aja bingung
  14. profesor profesor aja stress membuat kebijakan negeri ini. masa mahasiswa di paksa membuat rencana yg detail. sekedar usulan sih mungkin
  15. mahasiswa di minta buat masterplan ? mana bisa ? itu kerjaan Doktor bidang ekonomi dan perencanaan.
  16. mahasiswa diminta buat solusi energi terbarukan. kalo mahasiswa yg ngerjain, trus dosen2 elekro, fisikateknik dan mesin apa kerjanya ?
  17. mahasiswa beri usulan umum. menuntut yg jelas. gunakan bahasa rakyat. masa mahasiswa dipaksa pakai bahasa profesor. kita aktivis kawan !
  18. tentang aksi yg merusak? saya menolak mahasiswa yg buat rusuh di aksi. aksi kita tertib dan damai. tunjukkan kalau anda mahasiswa yg berbudi
  19. saya demo puluhan kali. saya tdk pernah berpikir utk berantem atau konflik sama polisi. polisi juga rakyat.suara mereka juga hrs kita dengar
  20. itulah mahasiswa, seperti cowboy, dtg ketika bandit ada, menumpas bandit dan pergi lagi ketika bandit telah ditumpaskan.
  21. apakah bandit itu ? pemimpin yg zalim dan kebijakan yg tidak bijak. mahasiswa harus menumpas itu dgn ketulusan gagasan. politik nilai
  22. jangan ngaku mahasiswa kalau merusak fasilitas rakyat. jangan ngaku mahasiswa kalau memukul polisi. mahasiswa berteriak akan gagasan
  23. orasi mahasiswa bukan mengutuk dgn kata kata buruk. orasi mahasiswa adalah narasi kebangsaan. narasi kecintaan pada negeri. narasi peradaban
  24. Aksi aksi aksi dengan narasi yang kokoh. fondasi kecintaan pada rakyat. jangan merusak. jgn tawuran dgn polisi. mereka sahabat
  25. jangan asal klaim semua demo mahasiswa itu merusak. saya di ajarkan di gerakan mahasiswa di kampus saya. kalau aksi itu harus damai
  26. mahasiswa, jangan setengah hati mendukung aspirasi rakyat. tunjukkan dgn terbit. orasikan dgn mantab. dan geraklah dengan cinta pada rakyat
  27. buktikan kepada dunia bahwa negeri ini lebih kamu cintai dari diri kamu sendiri. bahwa kamu ingin negeri ini tersenyum :-)
  28. Kepada para mahasiswa yang merindukan Indonesia yang lebih baik. Turun ke jalan bukan sekedar utk berlelah atau tampil di media.
  29. wahai mahasiswa yang turun ke jalan. kamulah duta hati rakyat. jutaan rakyat menanti orasi terbaik mu, merindukan narasi gagasan terbaikmu
  30. wahai mahasiswa yang ingin negeri ini menjadi tempat terbaik utk hidup :-) bukan dobrak pintu DPR yg jadi keberhasilan !
  31. tapi dobrak lah kebuntuan nurasi pemimpin negara yang semakin membeku. dobraklah kemandekan kebijakan yg tidak bijak yg ada di negeri ini
  32. siapa disini yang menolak aksi turun ke jalan ? pernah aksi tidak ? ada yg salah dgn aksi di jalan ? bagian mananya yg tdk intelek ?
  33. lihat sejarah dunia, semua perubahan terjadi melalui gerakan sosial rakyat. rakyat yg menentukan apa yg terbaik utknya. Aksi penuh ketulusan
  34. kata siapa pemuda yg suka aksi di jalan itu gak cerdas? itu justru bukti kecerdasan. mereka berpikir,mereka gelisah,mereka bernarasi di aksi
  35. pemuda di perancis, inggris, amerika, australia melakukan aksi. mereka menyuarakan apa yg mereka yakini benar.ketulusan gagasan
  36. aksi yg tertib. aksi yg damai. bekerjasama dgn polisi. tuangkan ide besar. orasi penuh kharismatik dan buktikan mahasiswa memang pemimpin !
  37. kalau ada yg nanya, mahasiswa ditunganggin.. jawab dgn lantang “IYA KAMI DITUNGGANGI OLEH RAKYAT INDONESIA” .. :-)
  38. saya belajar di ITB dan gerakan saya dulu bersama @BEM_SI , puluhan kali saya aksi. tidak pernah rusuh. selalu damai.
  39. jangan sampai jas almamater hanya terpampang di acara acara televisi ! mahasiswa hanya bertepuk tangan dan senyum-senyum dgn narasumber
  40. masa mahasiswa cuma pakai almamater di TV dan jadi penonton. mahasiswa itu pakai almamater ketika orasi dan debat dengan pemerintah
  41. jas almamater itu kebanggaan. bukan sekedar utk seremonial yang penuh tepuk tangan. tapi almamater utk berjuang bersama rakyat. gagasan !
  42. sahabat mahasiswa ! selamat ber- aksi ! Demi Tuhan, untuk Rakyat Indonesia
  43. buat siapapun yg aksi damai dan tertib sepekan ini. saya bangga negeri ini masih punya pemuda seperti kalian ! Tuhan bersama perjuanganmu
  44. sahabat-sahabat yg sedang aksi. jangan sampai terprovokasi. ada kemungkinan intel yg menyusup dan membuat aksi anarki. membuat kekacauan
  45. mereka membuat citra mahasiswa sebagai perusak. padahal bukan mahasiswa yg memulai. tapi ada penyusup. hati hati provokasi
  46. isu aksi BBM bukan sekedar aksi anti kenaikan BBM, ini juga akumulasi dr rakyat yg kecewa pada pemerintahan. ayolah Jendral ! ubah dirimu
  47. Bagaimana kabar paripurna ? Brp yg tegas mendukung, menolak, atau mencla mencle thd kenaikan harga BBM ?
  48. Bicara ttg gerakan mahasiswa. Mungkin jd bnyk yg bertanya. Kenapa mahasiswa harus bergerak ?
  49. Saya sarankan kepada gerakan mahasiswa stlh ini. Bikin kabinet bayangan. Ikuti pola kementrian. Kawal dan kritisi setiap kebijakan @BEM_SI
  50. Pola kabinet bayangan akan memudahkan proses oposisi konstruktif dan produktif.Setiap kebijakan baru kita kasih kritik dan masukan. @KM_ITB
  51. Satu kampus jd satu kementerian. Mahasiswa aktif anti-tesis semua kebijakan yg tdk bijak. Biasakan lakukan monev dgn krtitis. @BEMUI_2012
  52. Biasakan buat tulisan artikel di media , Press conference, dan aksi aksi pengawalan. Bukan reaktif tp responsif. @bem_unpad
  53. Ini jd cuma demokrat aja ya yg setuju kenaikan BBM. Yawda, keluarkan demokrat dr koalisi…
  54. Sore yg indah. Waktu yg tepat utk aksi orasi dan diskusi :-) andai aku di gd DPR skrg.. Rindu masa masa gas air mata, odol, barikade
  55. PAN dukung kenaikan BBM ? Mana yg amanat rakyat ? Jd tinggal PAN dan demokrat yg mendukung kenaikan BBM ? SBY-hatta masih solid :-)
  56. Para aktivis pasti akan tersenyum puas pulang ke rumah masing2 jk BBM tdk jd naik. Ini lah demokrasi ala Indonesia :-) rakyat bersuara
  57. Anggota DPR yg punya nurani pasti menolak kenaikan BBM. Mereka akan berpikir keras agar bukan rakyat yg dikorbankan.
  58. Saya sbg rakyat Indonesia mendesak pemerintah agar berpikir lbh keras utk mencari solusi efesiensi APBN tanpa kenaikan harga BBM
  59. Saya sudah sms hal hal spt ini kpd aleg yg saya pilih. Beliau konfirmasi. Mari awasi aleg yg kita pilih. Kita konstituen mereka.Kawal mereka
  60. Mahasiswa buruh rakyat miskin Indonesia bersatu menegakkan suara rakyat. Hati rakyat tak bisa dibohongi. Aksi dua pekan terakhir buktinya
  61. saya yakin, mayoritas rakyat ingin BBM tdk naik. Jd jgnlah kalian mengecam para demonstran. Jika BBM ga jd naik, kalian jg yg bahagia
  62. Mahasiswa menggoyangkan pagar DPR. Itu simbol dr menggoyangkan nurani aleg agar jujur pada hati :-) teruskan kawan.. Lawan !
  63. Saya pernah dulu menggoyangkan pagar DPR. Lalu disemprot water canon dan terpental bbrpmeter. Rindu masa masa spt itu. Menggoyang hati DPR
  64. Ketika aksi century saya pernah digebukin oleh sekelompok orang pro pemerintah/sby. Mereka penyusup di aksi kita. Saya diselamatkan polisi
  65. Buat kamu mahasiswa tdk pernah aksi. Rasakan sekali saja aksi ygtertib. Latih jiwamu sbg pejuang.bukan sekedar akademisi tulen.
  66. Kampus itu tempat melahirkan negarawan, bukan sekedar akademisi tulen. Dan jangan pernah hina aktifis itu bodoh dan malas dan ga intelek
  67. Aktifis itu sblm aksi pasti ada kajiannya. Mereka berpikir keras, mereka membuat rasionalisasi kajian yg pro rakyat.agar rakyat merdeka !
  68. Logika kita adalah logika rakyat. Jd sbg aktivis, kita perlu mampu membuat kajian yg pro-rakyat. Sesuai dgn kehendak rakyat
  69. Jangan terjebak pada media yg hanya memberitakan yg buruk saja ttg demo. Media tdk meliput sisi intelektualitas aksi mahasiswa
  70. Pagar DPR jebol ? Perut rakyat miskin juga bisa jebol jika harga BBM naik.
  71. Makanya saya agak bingung kalau ada gerakan/organisasi mahasiswa yg mendukung kenaikan BBM. Mereka pakai logika apa ya ?
  72. Kabarnya chaos bgt ya di depan DPR. Adik2 @KM_ITB dan @BEM_SI lbh baik tarik mundur saja. Kalian aksi bukan tuk bikin rusuh kan?tp gagasan
  73. Jangan menyempitkan makna “pagar jebol” , kenapa pagar jebol ?krn rakyat sudah gelisah, geram, dan marah.Dan jgn kalian hina2 rakyat sendiri
  74. Saya aktivis,lulus 5 thn,aksi puluhan kali.tp skripsi saya masuk jurnal nasional&conference internasional bahkan sblm @dikti bikin edaran
  75. Maaf saya harus bicara ini, saya kesal dgn sesama mahasiswa yg menilai mahasiswa yg demo itu bodoh dan gak bisa mikir. saya prihatin
  76. Di kampus, saya didik utk kajian yg mendalam sblm aksi. Dialektika dgn teman2 aktifis. Mengasah nalar demi perjuangan terbaik utk rakyat
  77. Kenapa pula media hanya meliput aksi yg rusuh. Aksi yg tertib dan damai tdk diliput. Aksi itu salah satu proses demokrasi. Diatur UU
  78. Kalau ada yg menyalahkan aksi ke jalan. Artinya tdk sepakat dgn demokrasi. Rindu masa masa rezim. Berpikir ala orba
  79. Semua org punya pilihan utk bergerak sesuai potensi dan minatnya. Jangan saling menyalahkan. Seakan benar sendiri
  80. Gerakan sosial politik, gerakan profesi, gerakan community development, gerakan kewirausahaan. Mana yg terbaik ? Semuanya baik kawan
  81. Tapi gerakan tsb harus saling mengisi satu sama lain. Menguatkan. Jgn merasa satu gerakan lbh baik ketimbang yg lain
  82. Kamu yg aktif di community development. Silahkan fokus disana, itulah gerakanmu. Tp tolong jgn menghina mereka yg mau demo atau suka di lab
  83. Begitu jg sebaliknya. Kmu yg suka aksi, jgn mengecilkan mereka yg menguatkan rakyat dgn sociopreneur. Kalian harus saling menguatkan
  84. Ayolah mahasiswa bersatu. Jgn mendeskritkan potensi perjuangan sesama teman mahasiswa kita. Tujuan kita sama kan ? INDONESIA TERSENYUM !!
  85. Saya suka aksi, saya peneliti, saya punya sosial bisnis, saya pikir semuanya perlu saling sinergi. Tdk boleh saling mengecilkan perjuangan
  86. Utk isu kenaikan BBM, tolak dulu kenaikan itu. Lalu mereka yg minat di profesi kembangkan lah bbrp solusi energi terbarukan. Itu kolaborasi
  87. Itu makanya pemimpin gerakan mahasiswa dituntut dapat memiliki cara pandang yg komprehensif agar bisa akomodasi semua potensi mahasiswa
  88. Gerakan mahasiswa sangatlah masif, jgn dikecilkan dgn satu pola gerakan saja. Diversifikasi gerakan tetapi dgn satu tujuan. Berjuang bersama
  89. Mereka yg demo adalah perwakilan rakyat indonesia yg akan semakin menderita ketika BBM naik. Merekalah representatif rakyat ini
  90. Isu Kenaikan BBM sangat mudah dicerna oleh semua lapisan rakyat. Mereka jd gelisah dan geram. Dimana mereka bisa hidup layak dan tentram
  91. Jgn asal bicara kalau rakyat blm bekerja keras. Mereka sudah mati2an mencari uang. Tp mgkn mmg hasilnya tdk seberapa. Tp mereka tlh usaha
  92. BBM blm naik, harga sudah naik, ongkos angkot naik. Bgmn rakyat tdk gelisah. Mereka blm bisa nabung krn pemasukan terbatas
  93. Rakyat sudah mati2an hidup di negeri yg tdk memberikan “human security” bagi rakyatnya. Padahal itulah tugas primer dari negara
  94. Human security adalah kenyamanan keamanan hidup seorang warga. Kesehatan, pangan, pendidikan, housing. Itu tanggung jawab pemerintah
  95. HIDUP MAHASISWA !

Minggu, 01 April 2012

Presiden Sampaikan Sikap Pemerintah Malam Ini

Polhukam | Sabtu, 31 Maret 2012 11:19 WIB



Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar sidang kabinet dan memberikan pernyataan resmi di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (31/3) malam. Sidang kabinet dilakukan untuk merespons keputusan DPR yang menunda kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang direncanakan pemerintah berlaku 1 April besok. 

Hal itu disampaikan Juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha dalam pesan singkatnya tanpa menjelaskan mengenai detil agenda sidang kabinet yang akan dipimpin oleh Presiden Yudhoyono. "Sidang kabinet akan dilaksanakan malam ini di kantor presiden. Setelah sidang kabinet akan disampaikan pernyataan Bapak Presiden di Istana Negara," katanya.

Rapat paripurna DPR yang berlangsung alot hingga dini hari tadi akhirnya memutuskan menunda kenaikan harga BBM bersubsidi. Rapat itu sekaligus mensahkan Rancangan Undang-undang (RUU) APBN-P 2012. RUU APBN-P itu disusun untuk mengubah Undang-undang APBN 2012. 

Semula pemerintah mengusulkan agar ayat 6 pada Pasal 7 dalam undang-undang itu dicabut. Sebab ayat itu melarang pemerintah menaikan harga BBM eceran. Padahal harga minyak dunia terus naik. Harga minyak mentah atau Indonesia Crude Price (ICP) juga terus meningkat. 

Dalam APBN 2012, asumsi harga ICP 105 dollar AS per barel. Padahal, harga riil Februari 2012 sudah 122 dollar AS per barel. Itu sebabnya pemerintah mengusulkan kenaikan BBM. Fraksi PDI Perjuangan, Gerindra dan Hanura menolak. Belakangan jejak mereka diikuti PKS.

Sebaliknya, lima fraksi pendukung pemerintah hanya Demokrat yang setuju naik. Empat fraksi lain, meskipun menolak mereka memberi peluang pemerintah bisa menaikkan harga BBM. Caranya, memunculkan ayat "siluman": ayat 6a. Ayat ini memberi keleluasan pemerintah untuk menaikkan harga BBM jika memenuhi syarat tertentu. Syaratnya dalam enam bulan harga ICP 15 persen lebih tinggi dari harga yang dipatok pada APBN (105 dollar AS per barel). (ant/DOR)

Like Button

Comments

Video Gallery Saya

Kata-Kata Motivasi

http://www.yahoomessenger.com/t.fachruza
http://www.facebook.com/Ade Ground
http://www.twitter.com/TFachruza
http://www.cbox.ws/adeandika